Jumat, 23 September 2011

Contoh Wirausaha dan Usahanya

CONTOH WIRAUSAHA DAN USAHANYA
Nama Pemilik : Satiman
Usaha : Kue Pia (Bakpia)
Alamat : Desa Sarwodadi, RT 04/01 no. 5, Comal, Pemalang, Jateng
Telepon : 081803983665



Keberaniannya membuka usaha didasari prinsip yang dipegang sampai saat ini yaitu : “Laku karena Mutu”. Artinya dalam menjalankan usaha yang harus dijaga terutama adalah kualitas. Biarpun harga bahan bakunya naik turun, tetapi yang penting adalah mutunya harus standar.

Satiman, demikian nama pengusaha kue pia di daerah Comal, Kabupaten Pemalang inilah yang mempunyai prinsip tersebut. Pria kelahiran Pangkalpinang 38 tahun lalu ini mengelola usahanya sejak tahun 2000. Saat ini untuk membuat kue pianya, ia mampu melahap lebih dari 100 zak tepung terigu setiap harinya, dibantu oleh 300 orang karyawan di bagian produksi dan ratusan orang yang memasarkan produknya selain di wilayah sekitar Comal juga sampai ke Semarang, Purwokerto, Cilacap bahkan sudah merambah sampai ke Bogor, Jombang, Surabaya, Bali hingga Samarinda.

Itulah sebabnya bagi ayah tiga orang anak ini, soal mematok harga bukan merupakan hal yang rumit, boleh dibilang harga kue pianya sangat ekonomis berkisar antara Rp 300 hingga Rp 500 per buahnya. Ia juga punya pemikiran bahwa mengambil keuntungan tidak harus besar. Karena keuntungan itu tidak bisa dilihat secara harian, bulanan, atau tahunan saja, tetapi lebih luas dari itu. “Bisa saja tahun ini keuntungannya menurun, tetapi tahun lalu atau diharapkan tahun depan untungnya lebih besar” katanya menjelaskan. “Dari situlah kita bisa mengatur penggunaan keuntungan tersebut secara bijaksana”. Tambahnya.

Prinsi-prinsip itulah yang mengantarkan sukses Satiman, tidak hanya dari segi materi saja tetapi juga dalam hal sosial kemasyarakatan. Betapa tidak, di lingkungannya ia dikenal sebagai penyedia lapangan pekerjaan. Seluruh karyawannya adalah warga sekitar, yang bagi Satiman, karyawannya itu dianggap sebagai keluarga sendiri. “Ibaratnya kalau mereka makan pakai ikan asin saya juga makan sama seperti mereka”, katanya meyakinkan. “Bahkan kebutuhan mereka lebih didahulukan.” Lanjutnya.
Sistem kekeluargaan inipun diterapkan juga pada bagian pemasaran, banyak diantara salesnya bermula juga sebagai karyawan, kepada mereka diberikan pinjaman modal. Setelah mapan, kemudian dilepas agar mereka dapat mengembangkan sendiri jangkauan pemasarannya.

Sampai pada perkembangannya, melihat peluang yang cukup terbuka, kini banyak tenaga pemasaran yang justru dari kalangan karyawan, bahkan ada dari pegawai negeri, terutama guru, mereka kemudian mengajak para mantan muridnya untuk menjadi sub salesnya.

Mengawali usahanya, Satiman mulai merantau ketika usianya baru menginjak remaja. Terinspirasi akan keberhasilan orang, atas kemauan sendiri, begitu lulus SMP, ia berangkat menuju Jakarta dan menjadi sales di perusahaan roti. Alhasil sepuluh tahun pengalaman bekerja di perusahaan roti, membulatkan tekatnya untuk membuka usaha sendiri.

Menurut pria yang berpenampilan riang ini, paling tidak ada tiga alasan ia memilih membuka usaha kue pia ini. Pengamatan terhadap peluang pasar menunjukkan bahwa ternyata pasar kue pia cukup terbuka, karena belum banyak yang mengusahakan, di samping itu sifat kue pia yang kering, bisa lebih tahan lama masa daluwarsanya serta pengalaman selama bekerja di perusahaan roti dan kue, menguatkan tekatnya untuk membuktikan bahwa dirinya mampu untuk mandiri.
Ternyata dasar pertimbangan itu tidak sia-sia. Setelah ia membuka usaha dari 1 zak pada awal usahanya, kini bisa mencapai tidak kurang dari100 zak terigu per hari.

SUMBER : http://www.bogasari.com/zona-mitra/baca-testimoni.aspx?t=satiman---pengusaha-kue-pia--gemilang-jaya--comal

Rabu, 21 September 2011

WIRAUSAHA

WIRAUSAHA

 Wirausaha secara historis sudah dikenal sejak diperkenalkan oleh Richard Castillon pada tahun 1755. Di luar negeri, istilah kewirausahaan telah dikenal sejak abad 16, sedangkan di Indonesia baru dikenal pada akhir abad 20.

Beberapa istilah wirausaha seperti :

1. di Belanda dikenal dengan ondernemer
2. di Jerman dikenal dengan unternehmer

 Pendidikan kewirausahaan mulai dirintis sejak 1950-an di beberapa negara seperti Eropa, Amerika, dan Kanada. Bahkan sejak 1970-an banyak universitas yang mengajarkan kewirausahaan atau manajemen usaha kecil. Pada tahun 1980-an, hampir 500 sekolah di Amerika Serikat memberikan pendidikan kewirausahaan. ]Di Indonesia, kewirausahaan dipelajari baru terbatas pada beberapa sekolah atau perguruan tinggi tertentu saja. Sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti adanya krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat kewirausahaan menjadi berkembang.

Proses kewirausahaan

Menurut Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave, proses kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi. Inovasi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan. Faktor-faktor tersebut membentuk ‘’locus of control’’, kreativitas, keinovasian, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausahawan yang besar. Secara internal, keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari individu, seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang memengaruhi diantaranya model peran, aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembang menjadi kewirausahaan melalui proses yang dipengaruhi lingkungan, organisasi, dan keluarga.

Tahap-tahap kewirausahaan

Secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha:
1. Tahap memulai
Tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan ‘’franchising’’. Tahap ini juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri, atau jasa.

2. Tahap melaksanakan usaha
Dalam tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup aspek-aspek: pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil risiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi.

3. Tahap mempertahankan usaha
Tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.
4. Tahap mengembangkan usaha
Tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.